Sejarah Penemuan Kopi

,

Sejarah Penemuan Kopi Dan Penjelasannya.

Sejarah Penemuan Kopi. Hub : 085320202062. Toko  online yang terpercaya di kota Medan. Toko kami juga memiliki banyak barang seperti Printer, Handphone, Laptop, juga dengan accessorisnya. Untuk anda yang juga ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin.

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari sebuah proses pengolahan dan juga ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri yaitu berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi ini digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami sebuah perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan lalu kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie ini segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Mitos Ethiopia Yaitu Mengenai Penemuan Kopi

Sejarah asal-usul sebuah kopi hingga kini masih menimbulkan perdebatan diantara beberapa pendapat yang juga berbeda, terutama jika menyangkut dengan hal-hal seperti bagaimana metode penyajian kopi ditemukan pertama kali dan juga darimana sumber biji kopi berasal. Namun cerita yang juga paling banyak beredar luas  mengenai penemuan sebuah kopi, meskipun juga masih diragukan kebenarannya tersebut, adalah cerita yang telah berasal dari suku Ethiopia.

Dikisahkan bahwa seorang penggembala kambing dari suku Ethiopia yaitu bernama Kaldi suatu hari menemukan keanehan dengan sikap kambing-kambingnya tersebut, yang mulai melompat-lompat dengan kekuatan penuh energi, mengeluarkan suara-suara yang nyaring, dan juga mulai menari dengan kaki-kaki belakang mereka. Dia juga menemukan sumber dari sikap bersemangat yang akan ditunjukkan hewan gembalanya itu adalah buah-buah beri merah yang dimakan para hewan tersebut juga dari sebuah tumbuhan semak kecil. Rasa penasaran mendorongnya untuk mencoba buah tersebut dan pada dirinya sendiri, dan lalu dia langsung merasakan efek dorongan energi seperti halnya yang dialami para hewan ternak itu sebelumnya.

Ia lalu membawa pulang beberapa genggam buah beri tersebut untuk dibawah ke rumahnya. Dia juga menceritakan buah ajaib ini kepada para pendeta di desa, namun tidak disambut dengan hal baik. Seorang pendeta itu bahkan menyebut buah berry tersebut sebagai ‘pekerjaan setan’ dan juga membuangnya kedalam bara api. Menurut legenda juga, aroma kopi yang telah terbakar tadi cukup membuat para pendeta tadi tergerak untuk memberikan kesempatan kedua bagi ‘buah setan’ ini. Mereka juga memindahkan buah itu dari api, menghancurkannya untuk mengeluarkan sebuah bagian dalamnya yang berkilat dan juga merendamnya didalam wadah berisi air panas untuk menjaga kesegaran buah tersebut (atau begitulah legenda ini diceritakan).

Seluruh pendetapun yang ada di tempat ibadah itu dan juga mencium aroma dari kopi yang sedang dipanaskan kemudian mulai berdatangan untuk ikut mencoba meminumnya. Para pendeta ini juga menemukan bahwa minuman baru ini memberikan efek yang juga berguna untuk menjaga mereka tetap terjaga selama menjalankan praktek keagamaan mereka (dan dalam hal ini, berdoa dan juga penyerahan diri). Hal yang sama yang juga terjadi pada  para pendeta Buddha di China dan juga Jepang terhadap minuman teh. Merekapun kemudian bersumpah bahwa mulai saat itu mereka akan meminum minuman jenis baru tersebet setiap hari sebagai bagian dari bentuk penyerahan dirinya dalam keagamaan mereka.

Bagaimanapun juga, cerita ini baru akan muncul sebagai sebuah tulisan hingga 1671 M dan secara umum dianggap sebagai sekedar cerita burung yang juga beredar daripada merupakan fakta asal-usul kopi.

Sejarah Kopi Ethiopia Yaitu Sbb :

Kaldi ini, karakter sang penemu kopi dari sebuah legenda asal usul kopidiperkirakan hidup sekitar zaman 850 M. Pendapat ini telah didukung dengan kepercayaan umum bahwa pengolahan kopi dimulai di negara Ethiopia sekitar abad ke 9. Namun juga, sebagian orang percaya bahwa kopi ini diolah pertama kali pada awal 575 M di daerah Yaman.

Meskipun dalam cerita Kaldi tersebut, hewan ternaknya dan juga para pendeta menemukan manfat kopi sebagai zat stimulan dan juga kopi sebagai bentuk minuman baru pada waktu yang sama, pada kenyataannya juga selama berabad-abad biji kopi awalnya telah dikonsumsi dengan cara dikunyah untuk mendapatkan sari stimulan buah tersebut, sebelum seseorang akhirnya juga menemukan cara untuk membuat mereka menjadi jenis minumannya. Beberapa pakar sejarah juga percaya bahwa kebiasaan mengunyah biji kopi dibawa oleh (bersama-sama dengan benih kopinya) para budak Sudan dari daerah Kaffa ke Harra dan juga Arabia, yang terbiasa mengunyah sebuah biji kopi untuk menolong mereka bertahan melalui perjalanan yang keras di jalur perdagangan budak Islam. Kemungkinan para budak Sudan ini mengadopsi kebiasaan yang mengunyah kopi dari suku Galla di Ethiopia. Cara lain yang juga diperkirakan adalah biji kopi ditumbuk dan dicampur dengan lemak hewan untuk membuat pasta yang kental, yang lalu kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil dan akan dibawa untuk dikonsumsi sebagai makanan tambahan energi ketika melakukan perjalanan jauh.

Saat ini juga, tradisi mengkonsumsi sebuah kopi tumbuk masih dapat ditemukan di beberapa daerah di Kaffa dan juga Sidamo. Sama halnya dengan penduduk Kaffa ini yang masih terbiasa menambahkan sedikit lelehan mentega kedalam cangkir kopi mereka untuk membutnya menjadi lebih kaya nutrisi dan tentu saja lebih kaya rasa. Berdasarkan beberapa sumbernya, dulu kopi ini juga biasa dikonsumsi sebagai bubur. Metode mengkonsumsi kopi dengan seperti ini juga dapat ditemukan diantara beberapa suku pedalaman Ethiopia sekitar abad ke 10.

Hingga kini kopipun menjadi bagian dari sejarah modern, kaya akan sebuah innovasi, penelitian sains dan juga dikomersialkan dengan skala besar dan semuanya merupakan sejarah panjang kesuksesan kopi menguasai dunia. Jadinya, lain kali Coffindo Lovers duduk menikmati secangkir kopi ditangan Anda, jangan lupa berterima kasih pada Kaldi dan juga kambing-kambingnya yang hiperaktif.

Demikian Refiew mengenai Sejarah Penemuan Kopi. Jika anda menginginkan barang tersebut silahkan saja Anda Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami yaitu dengan cara menghubungi pada OFFICE kami di

Info Sebelumnya Yaitu : Link http://www.myartikel.com/berbagai-jenis-biji-kopi-terlengkap-dan-nikmat/

Leave a Reply