Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP

, , ,

Perbedaan Kabel UTP Dan Kabel STP Serta Kegunaannya.

Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP. Hub : 085320202062. Toko  online yang terpercaya di kota Medan. Toko kami juga memiliki banyak barang yaitu seperti Printer, Handphone, Laptop, dan juga accessorisnya. Untuk anda yang ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin.

Kabel adalah salah satu sebuah media transmisi baik digunakan dalam elektronika maupun jaringan inernet. Dalam artikel ini juga akan dibahas mengenai salah satu jenis kabel internet yang populer dan juga memiliki kecepatan transfer yang cukup baik.

Kabel twisted Pair ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dan juga Unsielded Twisted Pair (UTP). Kabel STP ini adalah jenis kabel yang memiliki selubung  pembungkus sedangkan kabel UTP adalah jenis sebuah kabel jaringan yang tidak memiliki selubung pembungkus kabel. Konektor yang digunakan adalah RJ-45 dan RJ-11.

PENGERTIAN KABEL UTP Yaitu :

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) ini adalah jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai sebuah isolasi dari plastik & juga terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik akan tetapi tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun juga jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang juga relatif murah dan juga fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan, kabel UTP ini sendiri terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit dimana masing-masing pasang mempunyai sebuah kode warna berbeda.

Fungsi kabel UTP ini adalah digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sebuah sistem jaringan komputer, dan juga biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi yaitu menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

Karakteristik Kabel UTP ini adalah:

  • Bagian dalam sebuah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) terdiri dari dua kawat tembaga yang akan dibagi menjadi 4 pasang (pair), lalu dipilin menjadi satu.
  • Tiap-tiap pair atau juga dawai kawat tembaga dilapisi insulator yang memiliki warna-warna unik.
  • Kecepatan dan juga keluaran transmisi mencapai 10 – 100 Mbps.
  • Panjang Kabel UTP ini maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek).
  • Tegangan Kabelnya 150 ohm.
  • Kabel jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair) ini hanya bisa menangani satu kanal data (yang bekerja pada baseband).
  • Instalasi jaringan komputer menggunakan sebuah kabel Twisted Pair membutuhkan sebuah hub untuk membangun sebuah LAN yang baik.
  • Konektor kabel jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair) ini menggunakan konektor RJ-45 untuk koneksinya.

Kerusakan yang terjadi pada salah satu saluran kabel UTP ini (Unshielded Twisted Pair) tidak akan mengganggu jaringan secara keseluruhan.

PENGERTIAN KABEL STP Yaitu :

Kabel STP ini adalah jenis kabel telepon yang juga digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat sebuah pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel,Kabel STP ini juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada sebuah jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya juga dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi.

Fungsi Kabel STP ini adalah sebagai media transmisi yang digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan juga penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika tersebut, yaitu seperti : sebuah telepon, lalu komputer, televisi dan juga radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada sebuah pesawat telepon, media transmisi yang akan digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika juga memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.

Dan Pemberian kategori 1/2/3/4/5/6 merupakan sebuah kategori spesifikasi untuk masing-masing kabel tembaga dan juga untuk jack. Masing-masing merupakan seri revisi atas kualitas kabel UTP maupun juga kabel STP, kualitas kabel pembungkusnya (isolator) dan juga untuk kualitas belitan (twist) masing-masing kabel. Pada CAT 5 dan juga CAT 5enchanced mempunyai sebuah standar industry yang sama namun pada CAT 5 sudah dilengkapi dengan sebuah insulator untuk mengurangi efek induksi atau electromagnetic interference. Dan menghubungkan netbel CAT 5e bisa digunakan network hingga kecepatn 1 Gbps.

Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP Yaitu :

Lihat pada Material Kabelnya

Jika Anda melihat kabel utp dan juga stp maka bagian berbeda yang paling mudah dilihat adalah jenis kabel yang akan digunakan untuk utp dan stp. Kabel utp ini memiliki bentuk bahan logam yang lebih lemah dan juga lunak. Selain itu juga pembungkus yang digunakan untuk utp juga lebih lunak. Ukuran dari kabep utp ini akan terlihat lebih kecil dibandingkan jenis stp. Sementara itu juga semua kebalikan dapat ditemukan pada kabel stp. Kabel stp ini memiliki susunan logam dan bahan pembungkus yang lebih keras. Ukurannya dari kabel stp juga terlihat lebih besar dan lebih kaku.

Cara Instalasi UTP dan juga STP

Kabel utp memang memiliki karakter struktur bentuk kabel, pembungkus dan diameter yang lebih kecil. Bentuk kabel utp juga lebih lunak sehingga biasanya kabel ini lebih mudah dipakai atau memiliki instalasi yang lebih mudah. Namun dengan beberapa kelemahan bentuk material kabel ini maka instalasi kabel utp juga harus memakai bahan pelindung seperti jenis pipa dari bahan plastik dan aluminum.

Sedangkan kabel stp ini memiliki karakter ukuran yang lebih besar, bentuk dan juga material kabel juga lebih keras. Jadi secara umumnya pemakain sebuah kabel stp untuk jaringan lebih sulit dibandingkan dengan jenis kabel utp. Selain itu juga kabel stp akan membutuhkan waktu instalasi yang juga lebih lama karena meskipun memiliki karakter yang lebih keras tapi juga harus dilakukan dengan hati-hati.

Bahan Pelindung Kabel UTP dan juga STP

Kabel UTP dan juga STP memang dibuat dengan karakter bahan pelindung yang berbeda. Bahan khusus yang juga digunakan untuk kabel STP memakai bahan yang terbuat dari aluminum. Nama juga bahan pelindung sesuai dengan nama kabel. Dan juga kabel UTP tidak memiliki bahan lapisan pelindung seperti kabel STP.

Kemampuan Kabel UTP dan juga STP

Sesuai dengan bahan material pelindung dan juga bahan jenis kabel maka kabel utp dan stp memang memiliki perbedaan yang mendasar. Kemampuan kabel utp ini jauh lebih kecil karena tidak memakai bahan pelindung. Kekurangan ini akan membuat kemampuan kabel utp jauh lebih rendah dan tidak tahan terhadap kerusakan karena paparan medan elektromagnetik. Bahkan kabel utp ini juga tidak tahan terhadap tegangan listrik yang tinggi. Dan sedangkan kabel stp memiliki kemampuan yang lebih tinggi terutama bisa bertahan terhadap perbedaan gelombang elektromagnetik dan tegangan listrik. Kabel stp ini dianggap jauh lebih aman dibandingkan kabel utp.

Pemakaian Kabel UTP dan juga STP

Kabel UTP ini biasanya banyak dipakai untuk membangun jaringan yang ada di dalam ruangan. Hal ini juga berhubungan dengan sebuah karakter dan material penyusun kabel utp. Kabel stp ini sering dipakai untuk membangun sebuah jaringan yang berada di luar ruangan. Karakter kabel stp ini juga yang lebih kuat dan tajam dianggap paling aman untuk pemakaian luar. Kabel utp ini juga memiliki karakter material penyusun dan bentuk yang lebih lunak sehingga tidak bisa dipakai untuk luar ruangan. Sedangkan kabel stp ini memiliki karakter yang lebih kuat dan juga bisa melindungi kabel jaringan dari berbagai macam perbedaan cuaca. Kabel stp ini biasanya juga memiliki ketahanan terhadap air dan juga kondisi suhu yang dingin atau panas. Jadi kabel stp juga bisa bertahan terhadap karat dan juga jenis kerusakan lain.

Kabel utp dan juga stp memang memiliki perbedaan yang juga sangat besar meskipun kedua kabel ini terlihat seperti jenis kabel jaringan yang sama. Banyak orang yang juga cenderung lebih senang untuk memakai kabel utp. Kabel utp ini biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan sebuah jenis kabel stp, sedangkan harga kabel stp ini lebih mahal apalagi harga kabel utp cat6 Belden dan juga tidak terlalu disukai karena proses instalasi yang lebih rumit dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun juga pada dasarnya untuk menemukan jenis kabel jaringan yang sesuai dengan keinginan, maka Anda juga bisa menyesuaikan pemilihan jenis kabel utp dan juga stp sesuai dengan tujuan penggunaan. Misalnya jika akan digunakan untuk luar ruangan maka kabel STP ini jauh lebih aman dibandingkan dengan kabel UTP.

Demikian Refiew mengenai Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP. Kami selaku pihak penulis mohon maaf jika ada kekurangan kata ataupun bahasa yang kurang baku.Jika anda menginginkan barang tersebut silahkan saja Anda Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami yaitu dengan cara menghubungi OFFICE kami di

Info Sebelumnya Yaitu : Link http://www.myartikel.com/tips-memilih-aksesoris-laptop/

Leave a Reply