Pengertian Optical Disk Drive

, , ,

Pengertian Optical Disk Drive.

Pengertian Optical Disk Drive. Hub : 085320202062. Toko online yang juga terpercaya di kota Medan. Toko kami juga menjual beraneka macam Flashdisk dan juga memiliki banyak barang lainnya yaitu seperti Printer, lalu Handphone, juga Laptop, juga accessorisnya. Untuk anda yang ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat yaitu seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin, tentang artikel ini.

Pengertian Optical Disc Driver Yaitu :

Dalam bagian dunia komputer, Optical Disc Drive yaitu adalah sebuah perangkat keras yang juga menggunakan sinar laser atau juga gelombang elektromagnetik untuk melakukan sebuah proses pembacaan (reading) dari optical disc dan penulisan (writing) data. Beberapa drives tersebut hanya bisa membaca data pada disc, namun juga teknologi saat ini memperbolehkan sebuah drive untuk melakukan sebuah pembacaan maupun penulisan pada drives. Dan Compact Disc, juga DVD dan juga Blu-ray Disc merupakan jenis-jenis dari sebuah optical media yang bisa dibaca maupun diisi data oleh sebuah optical drive. Optical Drive merupakan sebuah sebutan umum, dengan bagian-bagiannya yaitu adalah “CD”, “DVD” dan juga “Blue-ray” dengan diikuti “drive”, dan “writer”, dan juga lain-lain.

Teknologi optical disk ini dibagi menjadi dua yaitu sbb :

  1. Pertama Phase-change disk dimana, disk ini juga dilapisi oleh bahan yang juga dapat mengkristal(beku) menjadi sebuah crystalline(serpihan-serpihan kristal) atau juga menjadi amorphous state(bagian yang tak berbentuk). Bagian crytalline ini juga lebih transparan, karenanya tembakan laser yang juga mengenainya akan lebih terang melintasi bahan dan juga memantul dari lapisan pemantul. Drive Phase-change disk ini juga menggunakan sinar laser dengan sebuah kekuatan yang berbeda. Sinar laser ini dengan kekuatan tinggi digunakan melelehkan disknya yaitu kedalam amorphous state, sehingga juga dapat digunakan untuk menulis data lagi. Dan sinar laser dengan kekuatan sedang dipakai untuk menghapus sebuah data denga cara melelehkan permukaan disknya dan juga membekukannya kembali ke dalam keadaan crytalline, sedangakan pada sinar laser dengan kekuatan lemah digunakan untuk membaca data yang juga telah disimpan.
  2. Dye-Polimer disk yaitu adalah, Dye-polimer merekam data dengan membuat sebuah bump(gelombang) disk dilapisi dengan sebuah bahan yang juga dapat enyerap sinar laser. Lalu sinar laser ini membakar spot hingga spot ini juga memuai dan akan membentuk bump(gelombang). Dan bump ini dapat dihilangakan atau didatarkan kembali dengan cara dipanasi lagi dengan sinar laser.

Sejarah Optical Disc Driver Yaitu Sbb :

James T. Rusell adalah seorang yang pertama kali menemukan CD. Sejak kecilnya, James dikenal dengan jiwa penemunya tersebut. Pada saat tahun 1937, saat ia berusia 6 tahun, James juga membuat remote control untuk kapal perang mainannya dengan menggunakan kotak makan siangnya. Dan James juga termasuk orang pertama yang menikmati televisi dan juga keyboard sebagai media masukan dan ke komputer. James ini seorang penggila musik dimasa itu. Dia juga sangat tidak puas dengan kualitas musik yang juga dihasilkan keping piringan hitam Gramafon (phonograph). Karena penasarannya, sampai-sampai James bereskperimen mengghunakan duri kaktus sebagai jarus sebuah pembaca piringan hitam. Dan James sudah menduga kalau hasil eksperimennya sia-sia. James menginginkan sebuah sistem yang akan merekam dan juga memutar kembali lagi sebuah lagu tanpa harus kontak langsung antarbagiannya. James juga melihat bahwa cara terbaik untuk itu adalah dengan menggunakan cahaya.

Setelah jungkir balik memeras otak yaitu selama beberapa tahun, akhirnya dia juga menemukan cara menyimpan data dalam piringan sensitif cahaya. Data ini juga dimodelkan dalam bit cahaya yang juga sangat kecil. Sebuah sinar laser akan membaca sebuah struktur bit cahaya ini, kemudian komputernya akan mengubah data ini ke dalam sebuah sinyal elektronik. Dan juga untuk pertama kalinya lahirlah compact disc.

Kemudian pada saat tahun 1970, James menerima hak yang paten. Pada saat tahun 1972, yaitu Klass Compaan, seorang ahli fisika di Phillips Research berhasil menampilkan sebuah model video disc berwarna pertama. Pada waktu itu juga belum dipublikasikan secara luas karena masih banyak kelemahannya. Pada waktu yang hampir juga bersamaan, Phillips meluncurkan sebuah audio CD pertama ke pasaran, namun juga mengalami masalah pada saat proses menerjemahkan sebuah data, sehingga yaitu gagal putar. Kemudian pada saat tahun 1978, Phillips juga bekerja sama dengan Sony, dan mengembangkan sebuah standar baku untuk memproduksi CD. Dua tahun kemudian juga, Phillips dan juga Sony berhasil meluncurkan audio digital compact disc dengan standar baku, dan juga mulai dipasarkan secara resmi di Eropa dan juga Jepang pada tahun 1982. Baru pada saat tahun 1983, CD ini mulai dipasarkan di Amerika Serikat.

Demikian Refiew mengenai Pengertian Optical Disk Drive. Jika anda menginginkan barang tersebut silahkan saja Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami yaitu dengan cara menghubungi OFFICE kami di

Info Sebelumnya Yaitu : Link http://bimacom.myartikel.com/2017/01/20/jual-docuprint-m225-z-4-in-1-wireless-multifunction-laser-printer-rp-2-619-000/

Leave a Reply