Pengertian Dan Pembagian Heatsink Terlengkap

, , ,

Pengertian Dan Pembagian Heatsink Terlengkap.

Pengertian Dan Pembagian Heatsink Terlengkap. Hub : 085320202062. Toko online yang juga terpercaya di kota Medan. Toko kami juga menjual beraneka macam Flashdisk dan juga memiliki banyak barang lainnya yaitu seperti Printer, lalu Handphone, juga Laptop, juga accessorisnya. Untuk anda yang ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat yaitu seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin, tentang artikel ini.
Heatsink ialah sebuah logam yang dibuat dari alumunium atau tembaga, yang juga biasa kita temukan diatas processor yang juga tertancap di motherboard.  Heatsink ini berfungsi untuk menjaga suhu atau juga sebagai pendingin dari sebuah processor.  Heatsink ini menjadikan suhu processor bisa stabil dan juga dapat meminimalisir terjadinya komputer nge-restart sendiri yang dikarenakan processor terlalu panas.  Heatsink ini juga mempunyai berbagai macam bentuk.
Berikut macam-macam Heatsink yaitu sbb :
  • Heatsink fan(HSF) Yaitu : memiliki cara kerja dari HSF seperti pada sebuah pendingin heatsink, tapi juga pada HSF ditambahkan sebuah kipas untuk mempercepat proses transfer panas.  Namun HSF ini bekerja lebih baik dari heatsink.  Saat ini HSF ini juga menggunakan teknologi heattipe yaitu  pipa tembaga kecil untuk transfer panas dengan menggunakan konsep kapilaritas.
  • Water Cooling Yaitu : Teknik pendingin pada sebuah CPU dengan menggunakan water cooling ialah dengan menggunakan sejenis cairan pendingin(biasanya berupa air) yang akan dialirkan menggunakan peralatan khusus untuk water cooling.  Peralatanya biasanya terdiri dari sebuah water block yang dipasangkan ke pengait processor di motherboard, lalu pompa air, dan juga radiator.
  • Dry Ice dan Nitrogen cair Yaitu : Prinsip pendingin tipe ini juga sangat simple, processor yang juga akan di inginkan ditempelkan langsung dengan dasar tabung tembaga(atau bonk) yang artinya bonk tersebut yaitu akan di isi dengan dry ice atau nitrogen air.
  • Phase Change Color Yaitu : Pendingin tipe ini juga serupa dengan pendingin yang digunakaan pada kulkas dimana pendingin juga akan didorong dengan kompresor.
  • TEC(Thermoelectric Cooler) Yaitu :  Prinsip kerja pendingin ini yaitu adalah dengan mengalirkan sebuah arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga disatu sisi logam akan dingin dan juga disisi logam lain akan panas.

Cara kerja heatsink yaitu sbb :

Jadi begini sobat, ketika komputer atau juga laptop dihidupkan, otomatis processor akan menjadi panas. Dan disitulah perannya heatsink, untuk menyerap sebuah panas dari processor dan juga menyebarkannya keseluruh bagian heatsink, lalu juga mendinginkan dan juga melepaskan panas tersebut dengan bantuan fan atau kipas pendingin yang terpasang di atas heatsink.
CATATAN Saya : Jangan pernah memaksakan sebuah komputer atau laptop dihidupkan tanpa adanya sebuah heatsink. Meskipun di dalam mainboard tersebut terdapat sebuah sistem yang bisa mematikan komputer secara otomatis saat sebuah processor mengalami panas yang melebihi batas standar. Jika Anda berulang-ulang memaksa komputer Anda tersebut hidup tanpa adanya heatsink, itu akan sangat berbahaya bagi sebuah processor Anda.
Bentuknya : Bentuk desain heatsink itu pastinya berbeda-beda. Bentuk heatsink untuk laptop dan juga komputer desktop tidaklah sama. Bahkan sesama laptop sendiri jika lain merek dan juga tipe, bentuk heatsinknya sudah pasti berbeda. Begitu juga pada sebuah komputer desktop. Malahan untuk model heatsink itu sendiri juga, setiap tahunnya selalu ada sebuah perubahan.

Bahannya :
Bahan yang paling sering digunakan untuk pembuatan sebuah heatsink ini adalah tembaga dan juga alumunium. Tentu ada alasannya juga, sebab gabungan kedua bahan ini adalah sangat baik untuk menyerap sebuah panas dan mendinginkannya. Bahan tembaga juga memiliki konduktifitas tinggi, atau juga bahan yang bagus untuk menghantarkan panas. Namun juga, tembaga tidak bisa melepaskan sebuah panas dengan cepat jika dibanding alumunium. Sedangkan sebuah alumunium, bahan ini juga memiliki sifat menyerap panas yang lebih rendah dari tembaga, namun ia juga lebih cepat untuk melepaskan panas yang diserapnya.
Oleh karena itu juga dari kekurangan dan kelebihannya masing-masing, saya meihat ada beberapa sebuah heatsink yang dibuat atas gabungan dari dua bahan tersebut. Tentunya pada kinerja yang dihasilkan lebih baik, karena mengambil kelebihan sebuah tembaga yang cepat menyerap panas, dan juga kelebihan alumunium yang cepat mendinginkan sebuah panas.

Demikian Refiew mengenai Pengertian Dan Pembagian Heatsink Terlengkap. Jika anda menginginkan barang tersebut silahkan saja Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami yaitu dengan cara menghubungi OFFICE kami di

Info Sebelumnya Yaitu : Link http://bimacom.myartikel.com/2017/01/20/jual-docuprint-m225-z-4-in-1-wireless-multifunction-laser-printer-rp-2-619-000/

Leave a Reply