Pengenalan Mesin Tik Terlengkap

, , , , ,

Pengenalan Mesin Tik Terlengkap Dan Fungsinya.

Pengenalan Mesin Tik Terlengkap. Hub : 085320202062. Toko online yang juga terpercaya di kota Medan. Toko kami juga menjual beraneka macam Flashdisk dan juga memiliki banyak barang lainnya yaitu seperti Printer, lalu Handphone, juga Laptop, juga accessorisnya. Untuk anda yang ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin, tentang artikel ini.

TENTANG MESIN KETIK MANUAL

  1. PENGERTIAN MESIN KETIK yaitu : adalah sebuah mesin, atau alat elektronik dengan sebuah set pada tombol-tombol yang apabila saat ditekan, menyebabkan huruf dicetak pada sebuah dokumen, biasanya pada kertas. Mereka yang menggunakan mesin ketik ini dikenali sebagai juru ketik. Mesin ketik ini mempunyai tombol mesin ketik, dengan tombol untuk huruf pada sebuah font.
  2. JENIS-JENIS MESIN KETIK yaitu : Mesin tulis atau mesin tik yang digunakan di kantor-kantor dan juga dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan hal-hal berikut ini.
  3. Mekanisme atau tenaga penggerak yaitu :

Berdasarkan mekanisme atau juga cara kerjanya (yaitu tenaga penggerak), mesin tik di­bagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut ini.

  1. Manual yaitu Cara kerja mesin tik ini masih menggunakan sebuah tenaga tangan manusia.
  2. Mesin tik elektris (listrik) yaitu menggunakan tenaga listrik untuk mengoperasikannya.
  3. Mesin tik elektronis yaitu dioperasikan dengan menggunakan listrik dan komponen elektronik yang lain.
  4. Ukuran bodi atau besar kecilnya mesin tik/tulis dibagi menjadi tiga, yaitu dengan berukuran standar, juga semistandar, dan juga portabel.
  5. Mesin tik ukuran standar yaitu nmempunyai gandaran yang panjangnya lebih dari 13 inci dan juga dapat digunakan untuk mengetik kertas berukuran double folio.
  6. Mesin tik ukuran semi standar yaitu Panjang gandaran mesin tik ini sekitar 13 inci dan juga dapat digunakan untuk mengetik kertas yang ber­ukuran 1′ folio.
  7. Mesin tik ukuran portabel yaitu Panjang gandaran mesin tik ukuran portabel sekitar 10 inci dan juga hanya dapat digunakan untuk mengetik kertas berukuran folio.

 

 

  1. Pencetak huruf (typing element), mesin tik ini di­bagi menjadi tiga jenis, yaitu sbb.
  2. Batang huruf (type block) yaitu Pencetak huruf pada mesin tik ini berbentuk batang yang diberi balok pada setiap ujungnya. Setiap tuts di­rangkaikan dengan satu batang hurufnya, angkanya, dan juga tanda baca yang terletak di bawah mesin. Biasanya juga, tipe batang huruf ini digunakan dalam mesin tik manual.
  3. Bola huruf (font type) yaitu Pencetak huruf pada mesin tik ini yang berbentuk bola. Setiap hurufnya, angkanya, dan juga tanda baca terletak di permukaan bola huruf. Pada setiap bola huruf ini terdapat satu tipe huruf. Biasanya juga, pencetak tipe bola huruf ini digunakan untuk mesin tik listrik atau (electric typewriter).
  4. Roda huruf (daisy wheel) yaitu Pencetak huruf mesin tik ini berbentuk sebuah roda huruf. Setiap roda hurufnya mempunyai 88 sampai 112 ka­rakter, yang meliputi hurufnya, angkanya, dan juga tanda baca. Pencetak bentuk daisy wheel ini biasanya juga digunakan dalam mesin tik elektronik (electronic typewriter).
  5. Susunan tuts pada mesin tik dibedakan menjadi dua,yaitu sbb.
  6. Mesin tik ideal yang dibuat berdasarkan bentuk, lalu pola, dan juga cara menulis huruf di negara-negara yang meng­gunakannya. Misalnya juga mesin tik di negara Arab, di­susun dengan sebuah huruf Arab, sedangkan mesin tik ini di ne­gara Jepang disusun dengan huruf Jepang.
  7. Mesin tik universal yang dibuat menurut ketentuan internasional sehingga mesin tik ini juga dapat digunakan di seluruh du­nia.
  8. Gandaran (carriage), mesin tik juga dibagi menjadi dua, yaitu sbb ini.
  9. Mesin tik menggunakan kait dan jika menggunakan mesin tik ini, dan perpindahan baris dapat dilakukan dengan cara menekan kait yang ada di sebelah kiri gandaran.
  10. Mesin tik tidak menggunakan gandaran (noncarriage) yang biasanya digunakan pada mesin tik elektronik. Per­pindahan baris ini dilakukan secara otomatis hanya de­ngan menekan tombol.
  11. Ukuran huruf dibagi menjadi empat, yaitusbb ini.
  12. Pica yaitu Pada mesin tik ini, setiap inci memuat pada 10 huruf, lalu angka, dan maupun tanda baca.
  13. Elite yaitu Pada mesin tik ini, setiap inci memuat sampai 12 huruf, lalu angka, dan maupun tanda baca.
  14. Micro yaitu Pada mesin tik ini, setiap inci memuat sampai 15 huruf, lalu angka, dan maupun tanda baca.
  15. PS (Proportional Spacing) yaitu Pada mesin tik ini, setiap inci memuat sampai 20 huruf, lalu angka, dan maupun tanda baca.
  16. MESIN KETIK MANUAL Yaitu :
  17. Ciri-ciri Mesin tik manual sbb :

1)      Komponennya yang bersifat mekanis atau hanya bergerak bila dioperasikan.

2)      Digerakkan dengan sebuah tenaga tangan manusia.

3)      Gandaran dapat digeser ke kanan dan juga ke kiri.

4)      Letak pita dapat diatur juga ke atas, lalun tengah, dan ke bawah.

5)      Rol pita (spool) juga dapat menggulung pita ke kanan dan ke kiri.

6)      Ukuran huruf pica dan juga elite.

7)      Untuk mengganti baris digunakan sebuah kait.

8)      Mencetak dengan sebuah batang huruf (type block).

9)      Panjang gandarannya maksimum 27 inci.

  1. Ukurannya yaitu : Adalah 1) Standar, 2)      Semistandar, 3)      Portabel.
  2. Komponen dan pada umumnya, mesin tik manual ini memiliki tiga komponen utama, masing-masing komponen diterangkan di bawah ini yaitu : adalah 1) Gandaran (carriage), dan 2) Kerangka mesin tik, lalu yang ke 3) Papan tuts (keyboard),

Demikian Refiew mengenai  Pengenalan Mesin Tik Terlengkap. Jika anda menginginkan barang tersebut silahkan saja Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami yaitu dengan cara menghubungi OFFICE kami di

Info Sebelumnya Yaitu : Link http://bimacom.myartikel.com/2017/01/20/jual-docuprint-m225-z-4-in-1-wireless-multifunction-laser-printer-rp-2-619-000/

Leave a Reply