Pembandingan Modem Internal Dan Eksternal

, , , , , ,

Pembandingan Modem Internal Dan Eksternal.

Pembandingan Modem Internal Dan Eksternal. Hub : 085320202062. Toko  online yang terpercaya di kota Medan. Toko kami juga memiliki banyak barang seperti Printer, juga Handphone, serta Laptop, dan juga accessorisnya. Untuk anda yang juga ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko yang terdekat yaitu seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin.

Pengertian Modem Internal Yaitu :

Modem internal ini yaitu bentuknya nyaris sama dengan LAN card yang juga kita pasangkan yaitu pada salah satu slot komputer serta memakai sebuah power suplply dari PC. Modem internal ini merupakan sebuah modem yang letaknya di dalam CPU dan menancap langsung ke motherboard.

Pengertian Modem Eksternal  Yaitu :

Dan ini adalah sebuah modem yang terpasang di luar CPU. Modem eksternal ini akan dihubungkan ke sebuah CPU melalui port COM atau USB. Modem jenis ini juga biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor. Keuntungan pada penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain. Disamping itu juga dengan menggunakan sebuah modem eksternal, tidak perlu juga ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama yaitu apabila mainboard yang akan digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Modem eksternal juga dilengkapi dengan sebuah lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem. Kerugiannya yaitu, harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. Modem eksternal ini juga membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil.

Setalah kita membahas tentang Pengertian modem dan jenis, selanjutnya kita akan beralih ke perbedaan modem internet dan juga external. Pada era modern ini juga nampaknya koneksi internet menjadi suatu kebutuhan yang tak terelakan dan juga hampir semua manusia di belahan dunia manapun setiap harinya memerlukan internet untk memperoleh beberapa informasi yang juga mereka butuhkan, dan juga untuk tersambung ke internet tentunya kita memerlukan suatu alat yang akan dapat membantu pengguna agar terhubung ke internet, dan juga perangkat tersebut lebih dikenal dengan Istilah “modem”. Modem ini ialah sebuah perangkat yang paling dominan untuk menghubungkan suatu komputer ke sebuah jaringan internet, tanpa sebuah kehadiran perangkat ini tentunya kita tidak akan bisa terhubung di jaringan internet, secara harfiah modem ini ialah singkatan dari kata Modulator Demolator, yang juga jika di gabungkan akan menjadi kata modem, perangkat modem ini yaitu merupakan sebuah hardware yang berfungsi mengubah signal informasi ke dalam sebuah sinyal pembawa yang dapat dikirimkan melalui jaringan internet tersebut, dan secara garis besar perangkat modem ini dibedakan menjadi dua bagian yakni modem internal dan modem ekternal, dan juga masing-masing dari kedua modem ini memiliki beberapa kelebihan masing-masing, dan jika anda berminat untuk mengetahui secra detail tentang Perbedaan modem external dan juga modem internal ini anda bisa menyimak rangkuman berikut di bawah ini.

Modem Internal Yaitu : Sebuah perangkat modem internal umumnya juga di pasang di bagian dalam Center Processing Unit atau juga lebih populer dengan istilah CPU, secara umum modem internal ini juga lebih menguntungkan pengguna komputer, pasalnya pada perangkat ini terpasang di bagian internal jika ditinjau. Secara fisiknya modem internal ini adalah sebuah perangkat berupa card yang juga tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard di Computer, biasanya juga diletakan pada slot ISA atau PCI , jadi perangkat ini juga tidak perlu menggunakan sebuah adaptor untuk memfungsikannya, selain itu juga modem internal terkesan ringan dan juga praktis, juga karena letaknya langsung terpasang di sebuah circuit CPU, penggunaan daya listrik pada sebuah memory internal lebih hemat jika dibandingkan dengan modem eksternal, namun juga jangan salah pengguna komputer pada umumnya juga lebih memilih modem eksternal jika dibandingkan dengan modem internal karena, modem internal ini juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya ketika pengguna mencoba untuk berkoneksi ke internet, pengguna tidak dapat memantau dengan keadaan modem internal ini dikarenakan perangkat ini terletak di dalam CPU jadi sangat susah untuk memantaunya, tidak hanya itu saja modem internal juga tidak memiliki Indicator jadi sangat sulit untuk mengetahui keadaan fisik modem internal ini.

Keuntungan dari modem internal ini adalah sebagai berikut :
– Modem ini juga terpasang langsung pada slot yang ada di dalam motherboard sebagai penggunaan modem jenis ini tidak memerlukan tempat khusus.
– Tidak memerlukan sebuah catu daya/adaptor karena sebuah kebutuhan daya listrik sudah disediakan oleh komputer itu sendiri.
– Penggunaan sebuah modem ini lebih terkesan ringkas, juga praktis, dan serta rapi karena tidak adanya kabel-kabel yang melintang.
– Harganya juga lebih murah.

Kelemahan dari modem internal ini adalah sebagai berikut :
– Lebih sulit dalam sebuah instalasinya. Hal ini yaitu dikarenakan port seri built-in yang dapat bertentangan dengan port seri yang juga sudah di-install di motherboard atau komponen/hardware lainnya.
– Lebih sulit juga untuk menentukan kondisi modem karena tidak adanya lampu indikator pada modem ini.
– Panas yang terjadi pada sebuah modem juga akan menambah panas pada komponen atau hardware lainnya karena daya listrik diperoleh dari sebuah power supply pada komputer. Hal ini juga akan mempercepat kerusakan pada komponen atau hardware lainnya.
– Mengorbankan sebuah slot pada sebuah mainboard sehingga akan berkurang slot yang akan digunakan untuk hardware lainnya.

Modem ekternal yaitu : Perangkat Modem Eskternal pada umumnya juga memiliki beberapa keunggulan di bandingkan dengan sebuah modem internal, yakni pada modem ekstenal tidak memerlukan slot ekspansi yang harus dipakai saat ketika pengguna memfungsikan perangkat ini, dan sehingga slot tersebut dapat dipakai oleh perangkat pendukung yang lain, secara fisiknya Modem eksternal dihubungkan melaui sebuah perangkat CPU dikoneksikan dengan sebuah port COM atau USB. Modem jenis eksternal ini juga biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor dan juga pada dasaranya modem eksternal ini terletak yaitu di diluar CPU jadi pengguna bisa dengan mudah memindahkan perangkat ini yaitu sesuai dengan keinginan mereka, namun pada modem eksternal ini memiliki beberapa kekurangan yang juga dapat merugikan para pengguna komputer pada umumnya, selain itu untuk meletakan sebuah perangkat ini cukup sulit apalagi jika slot ekspansi yang tersedia di mainboard computer hanya tersedia sebuah slot yang sempit juga perangkat modem eksternal ini juga memerlukan adaptor yang juga pada umumnya sangat memboroskan penggunaan listrik.

Keuntungan dari penggunaan modem eksternal ini adalah sebagai berikut :
– Tidak perlunya sebuah slot ekspansi yang digunakan sehingga slot ekspansi tersebut dapat digunakan untuk hardware atau komponen lainnya.
– Mudah juga untuk dipindah-pindahkan sehingga dapat dibawa dan digunakan untuk komputer lainnya.
– Dilengkapi dengan sebuah lampu indikator sehingga kita dapat melihat dengan langsung status kinerja dari modem. – Panas yang akan terjadi pada modem tidak memengaruhi atau menambah panasnya komponen atau hardware lainnya karena menggunakan sebuah adaptor sehingga sumber tegangannya terpisah dengan komponen atau hardware yang ada pada motherboard.
– Instalasinya juga lebih mudah karena biasanya hanya cukup dengan memasang kabel ke modem dan port seri di komputer serta memasang adaptor dan hubungan ke saluran telepon.

Kelemahan dari modem eksternal ini adalah sebagai berikut :
– Modem ini juga memerlukan tempat untuk meletakkannya walaupun kecil.
– Penggunaan pada modem ini terkesan tidak praktis dan tidak rapi karena banyaknya kabel yang digunakan.
– Harganya juga lebih mahal.

Demikian Refiew mengenai Pembandingan Modem Internal Dan Eksternal. Jika anda juga menginginkan barang tersebut silahkan saja Anda Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami yaitu dengan cara menghubungi pada OFFICE kami di

Info Sebelumnya Yaitu : Link http://www.myartikel.com/pengertian-dan-fungsi-cd-dan-dvd-rw-rom/

Leave a Reply