Mempelajari Cara Memperbaiki Dan Memeriksa Power Supply Dengan Baik

, , , , ,

Mempelajari Cara Memperbaiki Dan Memeriksa Power Supply Dengan Baik.

Mempelajari Cara Memperbaiki Dan Memeriksa Power Supply Dengan Baik. Hub : 085320202062. Toko  online yang terpercaya di kota Medan. Toko kami juga memiliki banyak barang seperti Printer, Handphone, Laptop, dan juga accessorisnya yang lain. Untuk anda yang ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat yaitu seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin.

Power supply adalah sebuah sumber listrik yang menyediakan tegangan untuk mengaktifkan motherboard. Karena juga kinerjanya yang cukup besar sering menyebabkan beban pada power supply berlebihan. Hal tersebut yang menyebabkan sebuah komputer tidak bisa berjalan, tegangan masuk yang juga tidak stabil, bahkan juga tidak ada tegangan sama sekali. Berikut ini adalah cara untuk memperbaiki dan memeriksa power supply yang mengalami masalah.

Dan Pertama, lepaskan sebuah kotak power supply dari casing untuk memeriksa bagian dalam komponen power supply. Lepaskan kabel-kabel yang juga terhubung di dalam power supply sambil memeriksa komponen didalamnya jangan sampai ada komponen yang terbakar.

Periksalah FUSE ini pada masukkan AC 220V dari sumber listrik luar. FUSE ini juga harus dilepas dari soketnya sebelum diukur hubungan kawat pengamannya dengan ohm-meter pada posisi X1. Jarum ohm-meter ini juga seharusnya menunjukkan nilai sekitar 0 ohm-meter, jika tidak mengalami sebuah masalah. Jarum ohm ini akan menunjukkan angka tak terhingga, berarti FUSE ini juga sudah putus. FUSE yang sudah putus tidak dapat digunakan karena dapat menyebabkan sebuah kerusakan pada bagian yang lainnya. Jika FUSE ini juga tidak mengalami masalah maka dilanjutkan pada transistor power switching. Lepaskan juga dua transistor 2SC3039 tersebut dari PCB dan juga lakukan pemeriksaan menggunakan multimeter. Bila ada satu transistor yang rusak maka secara otomatis dua-duanya harus diganti dengan yang baru. Ketidakseimbangan dua transistor ini akan menyebabkan gangguan stabilitas tegangan DC.

Berikutnya yaitu adalah memeriksa diode brigde menggunakan multimeter. Penyebab kerusakan ini juga bisa jadi ada salah satu diode-nya bocor sehingga arus listrik AC masuk ke rangkaian switching yang menyebabkan transistor power akan ikut rusak. Jika kerusakannya juga parah bisa menyebabkan trafo switching akan meleleh sehingga harus diantisipasi dengan cepat.

Transistor pada pembangkit pulsa, juga kapasisitor, dan serta resistor terdapat pada rangkaian basis transistor yang harus dilakukan pemeriksaan. Jika tidak bermasalah maka pada seluruh hasil regulasi tegangan DC akan direset oleh pembangkit PWM. Gantilah juga transistor dan kapasitor dengan yang baru jika ada kerusakan yang terjadi. Jika kapasitor ini akan menujukan kering, maka juga harus diganti dengan yang baru dan nilainya harus sama dengan sebelumnya.

Kerusakan pada sebuah power supply bisa disebabkan karena panas yang berlebihan yang menyebabkan kabel-kabel ada yang terlepas. Periksalah juga seluruh solderan pada PCB Power Supply. Dan jika ada kerusakan maka harus disolder ulang dengan timah yang lebih lunak sehingga hubungan kabel dapat bersambung kembali. Komponen aktif yang pada pengetesannya tidak dapat dilakukan dengan multimeter adalah ICTL494. Untuk mengecek sebuah komponen tersebut bisa dibandingkan terhadap IC yang normal pada power supply yang lain yang sejenis.

Langkah terakhirnya yaitu adalah menghidupkan kembali power supply menggunakan disk drine. Jika kipasnya juga berputar maka dilanjutkan dengan mengukur sebuah tegangan kabel yang berwarna kuning (+12), lalu merah (+5), juga biru (-5), biru (-12), orange (POR) terhadap kabel warna hitam (ground). Bila tegangan pada kabel-kabel tidak bermasalah, dan maka power supply sudah membaik.

Kerusakan pada sebuah power supply sering terjadi apalagi karena beban yang berlebihan. Untuk memperbaiki power supply ini juga bahkan memeriksa komponen dalamnya bisa dilakukan sendiri di rumah apalagi yang menggunakan komputer rakitan. Cara untuk memperbaiki sebuah power supply tersebut sangat memudahkan pengguna komputer.

Dan Itulah tadi Mempelajari Cara Memperbaiki Dan Memeriksa Power Supply Dengan Baik. Serta masih banyak tipe yang lainnya lagi. Demikian Refiew mengenai Mempelajari Cara Memperbaiki Dan Memeriksa Power Supply Dengan Baik. Kami juga dari selaku pihak penulis mohon maaf jika ada kekurangan kata ataupun juga bahasa yang kurang baku. Jika anda menginginkan sebuah barang tersebut silahkan saja Anda Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami yaitu dengan cara menghubungi OFFICE kami yaitu di

Leave a Reply