Jenis – Jenis Power Supply

, , , ,

Jenis – Jenis Power Supply Berseta Penjelasannya.

Jenis – Jenis Power Supply. Jual segala macam jenis Power Supply Hub : 085320202062. Toko  online yang terpercaya di kota Medan. Toko kami juga memiliki banyak barang seperti Printer, lalu Handphone, juga Laptop, juga accessorisnya. Untuk anda yang ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin.

Dan  saat ini ada 3 jenis yaitu AT, ATX dan BTX. Sebelum membahas ketiganya ada baiknya kita mengetahui bebrapa pengertian dan juga fungsi dari power supply agar lebih paham tentang device ini, atau sering disebut juga yaitu sebagai jantungnya komputer.

Pengertian Tentang Power Supply :

Power supply adalah sebuah perangkat keras yang bertugas menyalurkan tegangan listrik secara langsung kepada perangkat keras komputr yg membutuhkan tegangan listrik seperti motherboard, lalu hardisk, dan dvd room, dll.

Fungsi power supply adalah mengubah arus listrik bolak –balik (AC) dari PLN dan menjadi arus searah (DC) kemudian disalurkan ke komponen yg membutuhkan supply listrik. Fungsi lainnya dimiliki oleh power supply  ini adalah sebagai stabilizer atau penstabil aliran arus listrik. Dan ada 4 jenis fungsi, yang berkaitan dengan kestabilan arus listrik pada komputer, yaitu pada Over Voltage Protection/OVP (melindungi PSU dari tegangan berlebihan), juga Over Current Protection/OCP (mencegah kerusakan akibat keluar masuknya arus listrik yang tinggi), lalu Over Temperature Protection/OTP, dan juga Short Sircuit Protection/SSP.

3 Jenis Power Supply Komputer Yaitu sbb :

1. Jenis Power Supply Komputer AT yaitu :

AT singkatan daripada Advanced Technology. PSU ini tergolong pada jenis jadul dan hampir tidak atau jarang digunakan untuk zaman sekarang. Mempunyai 12pin konektor yang juga disebut dengan AT konektor daya. PSU ATnya digunakan pada komputer PentiumI, lalu Pentium MMX, juga Pentium II dan Pentium III.
Ciri-ciri pada PSU AT yaitu:
  • Kabel daya untuk sebuah motherboard terdiri 8 – 12 pin.
  • Tombol pada ON/OFF bersifat manual.
  • Daya rata-ratanya yaitu dibawah 250 watt.
  • Ketika shutdownnya, PC tidak otomatis mati tetapi Anda masih harus menekan tombol untuk menghidupkan di casing.

2. Jenis Power Supply Komputer ATX yaitu :

ATX yaitu singkatan dari Advanced Technology eXtended. Dilengkapi juga dengan konektor yg memiliki 20pin, yang disebut konektor power ATX. PSU ATX digunakan pada komputer dengan CPU Pentium III, lalu Pentium IV dan CPU AMD.
Ciri-ciri PSU ATX yaitu:
 
  • Kabel power untuk sebuah motherboard terdiri dari 20 pin.
  • Ketika shutdown PC dan akan otomatis mati.
  • Dayanya juga  lebih besar.

3. Jenis Power Supply Komputer BTX yaitu :

BTX yaitu singkatan dari Balanced Technology eXtended. Mempunyai sebanyak 24 pin konektor, disebut juga dengan konektor pwer BTX. Dilengkapi juga dengan sebuah konektor pwer SATA 15 pin. ATX ini digunakan pada komputer Dual core, lalu core2duo, dan Quad core, i3, i5, i7 CPU dan juga AMD model terbaru.  BTX ini adalah jenis power supply paling banyak digunakan pada saat ini. Yang membedakannya dengan PSU AT lain adalah cara pemasngan kabel pwer ke motherboard yang lebih mudah dan praktis. Tidak perlu khawatir akan terbalik, karena jenis konektor pada kabel sudah disesuaikan dengan sebuah jenis slot yg ada pada motherboard.
Ciri-ciri PSU BTX yaitu :
  • Kabel p0wernya untuk motherboard terdiri dari 24 pin.
  • Ketika saat shutdown PC akan otomatis mati.
  • Terdapat tambahan yaitu power SATA.
  • Dayanya lebih besar.
  • Efisiensinya lebih baik.

Tips Memilih Power Supply yang Baik yaitu sbb :

Bagi anda yang ingin merakit sendiri sebuah komputer anda, ataupun juga ingin melakukan upgrading pada power supply komputer anda. untuk melakukan pemilihan power supply ini, maka juga tidak bisa sembarangan, karena apabila anda salah memilih power supply untuk komputer anda ini, maka resikonya akan membuat komputer anda akan mengalami kelebihan arus, dan menjadi terlalu panas, ataupun juga malahan komputer anda tidak mau menyala sama sekali akibat power supply yang kekurangan daya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan yaitu dalam memilih power supply yang cocok dengan anda :

  • Sesuaikan power supply anda dengan sebuah spek komputer anda. Hal ini berarti anda harus paham juga, apa saja yang ada di dalam komputer anda tersebut , baik itu dari CPU, juga RAM, lalu VGA, juga Gtaphic Card, lalu Sound Card, dan juga berbagai komponen lainnya. Sesuaikan daya yang dibutuhkan dengan sebuah komponen tersebut dengan power supply yang akan anda beli atau ganti
  • Dan Kedua, anda juga harus bisa memperhatikan motherboard yang anda gunakan. Belilah jenis power supply yang support dengan motherboard yang juga anda gunakan. Seperti misalnya yaitu ketiga jenis motherboard tadi, yaitu seperti AT, lalu ATX, dan juga yaitu BTX.  Dan pengetahuan akan jenis motherboard ini akan mempermudah anda dalam membeli power supply yang cocok
  • Belilah sebuah power supply dengan merk yang sudah teruji kualitasnya, dan tutup pintu rapat – rapat dengan power supply yang merknya masih samar – samar dan juga belum terujikualitasnya. Dan mengapa? Ya Karena hal ini sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup pada komponen komputer, dan juga pasti berpengaruh pada listrik di rumah anda. Dan power supply yang merknya tidak jelas, dan juga belum teruji kualitasnya, bisa juga menyebabkan korsleting, lalu kekurangan daya, juga kelebihan daya, dan juga masalah lainnya, yang malah akan sangat merugikan anda sebagai user.

Demikian Refiew mengenai Jenis – Jenis Power Supply Berseta Penjelasannya. Jika anda menginginkan barang tersebut silahkan saja Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami dengan cara menghubungi OFFICE kami di

Info Sebelumnya Yaitu : Link http://bimacom.myartikel.com/2017/01/20/jual-docuprint-m225-z-4-in-1-wireless-multifunction-laser-printer-rp-2-619-000/

Leave a Reply