Jenis-Jenis Media Penyimpanan Data Pada Komputer

, , , , , ,

Jenis-Jenis Media Penyimpanan Data Pada Sebuah Komputer.

Jenis-Jenis Media Penyimpanan Data Pada Komputer. Hub : 085320202062. Toko online yang juga terpercaya di kota Medan. Toko kami juga menjual beraneka macam Flashdisk dan juga memiliki banyak barang lainnya yaitu seperti Printer, lalu Handphone, juga Laptop, juga accessorisnya. Untuk anda yang ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin, tentang artikel ini.

Pengertian Dari Penyimpanan Data :

Computer Data Storage (Penyimpanan Data Komputer) adalah sebuah media yang digunakan dengan fungsi untuk menyimpan berbagai macam data digital yang juga tersedia pada perangkat komputer dengan waktu tertentu sehingga dapat dibaca dan juga dibuka kembali untuk diproses ulang pada perangkat. Untuk saat ini sebuah Media penyimpanan Komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu pada Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), lalu Media Penyimpanan Optical (Optical Disk), dan juga Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage). Dan selanjutnya akan saya bahas mengenai ketiga kategori tersebut secara detail, jenis-jenis dan juga sebuah contoh dari setiap kategori tersebut.

Dan Berikut Adalah Macam-Macam Media Penyimpanan Data

  1. Penyimpanan Magnetik atau (Magnetic Disk) :

Yaitu merupakan media penyimpanan yang juga termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang juga paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.

Kelebihan dan juga Kekurangan

  • Kelebihannya : Kapasitas penyimpanan pada media ini juga lebih besar dari media penyimpanan lainnya bahkan juga sudah mencapai Petabyte dan Kecepatan akses datanya tinggi.
  • Kekurangannya : Harganya juga lebih mahal jika dibandingkan dengan sebuah media penyimpanan lainnya.

Dan Cara Kerjanya : (Hanya beberapa) Pada saat sebuah disk digunakan, motor drive ini berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head yang juga ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang juga masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram fixed−head ini memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan pada cakram moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu head yang juga harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.

Dan Berikut Macam-macam media dari Magnetik Disk : yaitu DISKET, lalu HARDDISK, juga FLASHDISK, dan juga MEMORY CARD, dan ZIP DRIVE.

 

 

  1. Penyimpanan Optical (Optical Disk) Yaitu :

Adalah sebuah media yang menyimpan data komputer yang juga dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah.

Kelebihan dan Kekurangan yaitu sbb :

  • Kelebihannya : Beratnya lebih ringan dari beberapa sebuah media penyimanan Magnetic Disk.
  • Kekurangannya : Kapasitas memorinya juga lebih kecil dari Magnetic Disk dan saat Jika tergores maka resikonya data tidak akan terbaca.

Berikut ini adalah Cara Kerjanya : Media penyimpanan tersebut juga akan berputar dengan sangat kencang (dan putaran tersebut mempengaruhi kecepatan transfer data) dengan membaca sebuah data yaitu dengan melalui optik yang berada pada perangkat pembacanya.

Dan Macam-macam media dari Magnetik Disk Yaitu : Pertama CD, lalu CD-ROM, juga WORM, dan juga CD-RW (compact disk rewiteable), dan terakhir DVD (Digital Video Disc).

  1. Penyimpanan Awan (Cloud Storage) Yaitu :

Penyimpanan Awan merupakan sebuah media yang masih tergolong baru, media ini juga bersifat online dan tidak menggunakan sebuah kapasitas data memori pada perangkat karena mereka menggunakan sebuah penyimpanan yang terdapat pada Internet.

Kelebihan dan juga Kekurangan sbb :

  • Kelebihannya : Tidak memerlukan sebuah perangkat untuk menyimpan data.
  • Kekurangannya : Sering terjadi kesalahan pada sebuah Server dengan resiko data yang akan hilang dan juga dikenakan dengan sebuah akses koneksi data.

Dan Cara Kerjanya : Untuk dapat menyimpan data pada sebuah media ini kita diharuskan untuk mengunggah sebuah file tersebut dan untuk mengambil sebuah data kita harus mengunduh file tersebut.

 

Demikian Refiew mengenai Jenis-Jenis Media Penyimpanan Data Pada Komputer. Jika anda menginginkan barang tersebut silahkan saja Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami yaitu dengan cara menghubungi OFFICE kami di

Info Sebelumnya Yaitu : Link http://bimacom.myartikel.com/2017/01/20/jual-docuprint-m225-z-4-in-1-wireless-multifunction-laser-printer-rp-2-619-000/

Leave a Reply