Jenis – Jenis Komputer Server dan Fungsinya

, , , ,

Jenis – Jenis Komputer Server dan Fungsinya.

Jenis – Jenis Komputer Server dan Fungsinya. Hub : 085320202062. Toko  online yang terpercaya di kota Medan. Toko kami juga memiliki banyak barang seperti Printer, lalu Handphone, juga Laptop, juga accessorisnya. Untuk anda yang ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin.

Pengertian komputer server yaitu sbb :

Komputer server yaitu merupakan komputer yang melayani permintaan komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya yaitu seperti memori yang lebih besar, lalu hardisk dengan kapasitas tinggi, dan printer yang bisa digunakan bersama dan lain-lainnya.

Fungsi dan kegunaan komputer server yaitu sbb :

Dari penjelasan pengertian komputer server di atas tersebut, mungkin sudah bisa anda pahami apa fungsi dari sebuah komputer server. Dan berikut beberapa fungsi dari komputer server:

  1. Bertanggung jawab melayani sebuah permintaan komputer client.

  2. Menyediakan sebuah resource untuk di gunakan bersama baik itu perangkat keras ataupun berupa aplikasi agar dapat di gunakan di semua komputer client di dalam jaringan.

  3. Bertanggungjawab kepada mengatur lalu lintas data.

  4. Dapat menyimpan sebuah file, lalu data untuk di akes bersama menggunakan file sharing.

  5. Mampu mengatur hak akses pada level dalam jaringan, dan sehingga tidak semua client bisa membuka data yang di simpan di komputer server.

  6.  menyediakan sebuah database atau aplikasi yang dapat di jalankan di semua komputer.

  7. Melindungi komputer client dengan memasang sebuah firewall atau anti malware di komputer server. 

Jenis-Jenis Server Yaitu sbb :

Di bawah ini kami akan memberikan sebuah informasi mengenai Pengertian dan juga Macam-Macam Jenis serta fungsi dari Server di Dunia Komputer yang dapat menambah pengetahuan kita bersama pastinya.

1. Web Server Yaitu adalah sebuah perangkat lunak yang dipasang pada server yang berfungsi untuk menyediakan sebuah layanan permintaan data dengan protocol https atau http yang dapat diakses dengan menggunakan browser

2. Fax Server Yaitu : Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer yang kedua ini adalah Fax Server. Sesuai dengan namanya tersebut, server ini digunakan untuk melayani kebutuhan Fax bagi client. Fax server ini juga akan membuat semua sistem penerimaan dan pengiriman fax akan melaluinya.

3. FTP Server Yaitu : adalah Pengertian dan juga Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer yang ketiga. Server ini juga memiliki protocol FTP yang dapat dilakukan sebagai protocol untuk transfer data.

4. Mail Server Yaitu : Mail server ini memiliki sebuah fungsi untuk melayani client khususnya dalam hal berkirim surat. Surat surat yang ada pun akan disimpan di dalam sebuah server mail tersebut pula. Selain menyediakan sebuah layanan untuk berkirim surat, mail server ini juga menyediakan sebuah layanan pelengkap lainnya seperti web interface dimana layanan ini dapat memudahkan client untuk mengorganisir atau juga menulis surat yang dimiliki oleh client.

5. File Server Yaitu : File server dapat diartikan sebagai sebuah komputer yang juga berfungsi untuk menampun sejumlah data yng dimiliki oleh client yang bersangkutan. Biasanya juga, kapasitas yang dimiliki oleh server ini juga bergantung pada sebuah HDD yang ada pada server tersebut.

6. Game Server Yaitu : merupakan server yang juga digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya. Game server ini juga selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari sebuah komputer client yang bermain game tersebut.

7. DNS Server Yaitu : (Domain Name System)  . Server ini memiliki sebuah fungsi untuk menerjemahkan informasi nama host atau domain menjadi sebuah alamat IP.

8. Proxy Server Yaitu : merupakan sebuah server yang dapat berfungsi sebagai komputer lainnya untuk melakukan sebuah permintaan untuk content dari sebuah intranet atau internet.

9. Database Server Yaitu : Pengertian dan juga Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer ini melayani client yang membutuhkan sebuah layanan untuk menyimpan database. Dan port yang digunakan untuk Database Server yaitu biasanya 3306 ( Mysql ) dan juga 5432 ( PgSQL ).

10. Print Server Yaitu : Server ini merupakan sebuah pusat layanan untuk kegiatan percetakan atau juga print untuk client. Print Server Client ini juga merupakan salah satu Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer yang ada.

11. Server aplikasi Yaitu : Server ini bertugas menjalankan aplikasi tertentu yang menyediakan sebuah sumber dayanya untuk dapat diproses komputer lainnya di jaringan. Yang juga termasuk dalam kategori jenis server ini adalah server-server yang menjalankan perangkat lunak yang juga dibuat khusus untuk program-program tertentu yaitu seperti program yang berhubungan dengan fungsi accounting, lalu penjualan, dan juga lain sebagainya.

12. Streaming Media Server Yaitu : Server ini melayani sebuah servis streaming data media seperti musik, lalu video. Servis ini memungkinkan kita dapat juga mengakses sebuah konten tanpa kita mendownloadnya terlebih dahulu.

Demikian Refiew mengenai Jenis – Jenis Komputer Server dan Fungsinya.. Jika anda menginginkan barang tersebut silahkan saja Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami yaitu dengan cara menghubungi OFFICE kami di

Info Sebelumnya Yaitu : Link http://bimacom.myartikel.com/2017/01/20/jual-docuprint-m225-z-4-in-1-wireless-multifunction-laser-printer-rp-2-619-000/

Leave a Reply