Jenis – jenis Jaringan Komputer Terbaik

, , , , ,

Jenis – jenis Jaringan Komputer Terbaik Dan Penjelasannya.

Jenis – jenis Jaringan Komputer Terbaik. Hub : 085320202062. Toko  online yang terpercaya di kota Medan. Toko kami juga memiliki banyak barang seperti Printer, lalu Handphone, juga Laptop, juga accessorisnya. Untuk anda yang ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem atau juga rangkaian yang terdiri dari dua komputer atau lebih, dimana antara satu komputer dengan komputer yang lainnya juga saling terhubung oleh sebuah sistem komunikasi, sehingga memungkinkan pada setiap komputer yang tergabung dalam jaringan tersebut dapat saling tukar-menukar data, juga program, dan juga sumber daya komputer lainnya seperti media penyimpanan, yaitu printer, dan yang lain-lain. Selain itu juga melalui jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer yang juga berada pada lokasi yang berjauhan, juga dapat juga terjalin komunikasi, dan seperti komunikasi melalui surat elektronik atau email, lalu mengirim data atau upload dan mengambil data dari tempat lain yang disebut dengan download. Berbagai kegiatan lainnya yang juga berhubungan dengan komunikasi data, dan juga dapat dilakukan melalui jarangan komputer.

Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya yaitu : Pada kesempatan ini akan dipublikasikan jenis-jenis jaringan komputer dan juga pengertiannya yang berdasarkan karaterianya dapat dibedakan menjadi 4 bagian, yaitu diantaranya adalah sbb:

1. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:

Jaringan LAN yaitu : Merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau juga lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

Jaringan MAN yaitu : Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar dan beserta daerah setempat. Contohnya pada jaringan telepon lokal, dan sistem telepon seluler, serta jaringan relay yang beberapa ISP internet.

Jaringan WAN yaitu : Merupakan sebuah jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya pada jaringan PT. yaitu Telkom, juga PT. Indosat, dan serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo dll.

2. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data dibedakan menjadi 2 yaitu :

Jaringan terpusat yaitu : Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan juga server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang juga berasal dari satu komputer server.

Jaringan terdistribusi yaitu : Merupakan sebuah perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang juga saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

3. Berdasarkan media transmisi data dibedakan menjadi 2 yaitu :

Jaringan Berkabel (Wired Network) yaitu : Juga pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain juga diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan ini berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Jaringan Nirkabel (Wireless Network) yaitu : Merupakan sebuah jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan sebuah kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan sebuah gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar sebuah komputer jaringan.

4. Berdasarkan peranan Komputer dalam Proses Data dibedakan menjadi 2 :

Jaringan Client-Server yaitu : Pada jaringan ini terdapat 1 ataupun beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui sebuah software jaringan pada protokolnya. Komputer client ini sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

Jaringan Peer-to-peer yaitu : Pada jaringan ini tidak ada komputer client juga maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi yaitu sebagai client sekaligus sebagai server.

5. TOPOLOGI JARINGAN yaitu :

Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan tentang hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu seperti node, lalu link, dan juga station. Contohnya : Topologi Bus, Topologi Star ( Bintang ), dan Topologi Ring.

6. PROTOKOL JARINGAN yaitu :

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau juga mengijinkan terjadinya hubungan, lalu komunikasi, dan juga perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol ini dapat diterapkan pada perangkat keras, yaitu perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan mulai yang terendah, protokol juga mendefinisikan koneksi perangkat keras.

Untuk memudahkan memahami Protokol ini, kita mesti mengerti yaitu Model OSI. Dalam Model OSI terdapat 7 layer dimana masing-masing layer tersebut mempunyai jenis protokol sesuai dengan peruntukannya.

A ) Protokol Komunikasi Antarperalatan Jaringan Yaitu : protokol ini mampu mengatur bentuk dan juga jenis data yang dikirim, menentukan besaran listrik yang juga digunakan, jeninya , dan juga banyaknya kabel yang digunakan untuk proses transmisi.

B ) Protokol dari SIstem OPerasi yang DIgunakan yaitu : Sistem operasi NetWare menggunakan sebuah protokol utama IPX/SPX, lalu MIcrosoft menggunakan protokol NetBeui, dan sedangkan protokol standar pada internet menggunakan protokol TCP/IP.

Demikian Refiew mengenai Jenis – jenis Jaringan Komputer Terbaik Dan Penjelasannya. Jika anda menginginkan barang tersebut silahkan saja Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami dengan cara menghubungi OFFICE kami di

Info Sebelumnya Yaitu : Link http://bimacom.myartikel.com/2017/01/20/jual-docuprint-m225-z-4-in-1-wireless-multifunction-laser-printer-rp-2-619-000/

Leave a Reply