Jenis-Jenis Antena Wifi dan Penguat Sinyal

Jenis-Jenis Antena Wifi Dan Juga Penguat Sinyal.

Jenis-Jenis Antena Wifi dan Penguat Sinyal. Hub : 085320202062. Toko  online yang terpercaya di kota Medan. Toko kami juga memiliki banyak barang yaitu seperti Printer, Handphone, Laptop, dan juga accessorisnya. Untuk anda yang ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin.

Antena Merupakan sebuah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal. Kita juga harus tahu dan bisa membedakan macam macam antena wifi biar nanti saat beli tidak akan keliru. Bentuk antena juga bermacam macam yaitu sesuai dengan desainnya juga. Maka dari itu juga jika kita tidak mengenal antena wifi dari sekarang maka kita nanti juga tidak akan tertipu atau pun keliru jika suatu saat kita membeli peralatan tersebut. Maka dari itu juga saya ingin berbagi dengan anda supaya kita juga bisa mengenal lebih jauh tentang jenis jenis antena wifi saat ini.

Fungsi Antena Yaitu :

Fungsi antena ini adalah untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu akan meradiasikannya (Pelepasan energy elektromagnetik ke udara / ruang bebas). Dan juga sebaliknya, antena juga dapat berfungsi untuk menerima sebuah sinyal elektromagnetik (Penerima energy elektromagnetik dari ruang bebas ) dan juga mengubahnya menjadi sinyal listrik.
Jadi antena wireless ini kurang lebih fungsinya sama dengan fungsi antena pada umumnya. Cuma yang membedakan yaitu adalah frekuensi yang kita pakai nanti. Dan karena setiap antena frekuensinya juga berbeda. Secara spesifiknya, antena ini juga bertugas untuk menerima dan menyalurkan sinyal WiFi sehingga perangkat laptop maupun gadget lainnya dapat menerima sinyal tersebut.

Macam Macam Antena Wifi Sbb :

Antena Grid Yaitu :  juga ada beberapa perbedaan di sebuah frekuensinya. Ada juga yang frekuensi 5Ghz dan juga 2.4 Ghz. Antena WiFi jenis ini juga mempunyai bentuk seperti jaring. Cakupan antena grid ini hanya searah sehingga antena jenis ini biasanya dilengkapi dengan pasangan antena yang dipasang di tempat lain atau juga antena pemancar sinyal. Antena tersebut juga diarahkan ke antena pemancar sehingga sinyal yang diterima akan lebih kuat. Fungsi antena grid ini adalah menerima dan mengirim sinyal data melalui system gelombang radio. Antena ini juga cocok untuk point to point jarak jauh.

Antena Omni Yaitu : Pada prinsipnya juga sama yaitu untuk menerima dan memancarkan. Akan tetapi dilihat dari sebuah jenisnya antena ini sering digunakan untuk menyebarluaskan sinyal wifi. Antena Omni ini memiliki bentuk menyerupai tongkat namun juga lebih kecil. Antena ini juga mempunyai cakupan yang lebih luas daripada antena Grid. Cakupan antena ini juga menyebar ke semua arah dan membentuk seperti semacam lingkaran. Jenis antena ini juga biasanya digunakan pada jaringan hotspot area. Antena Omni ini berfungsi untuk melayani cakupan area yang luas tetapi dengan jangkauan yang pendek. Dengan sebuah jangkauan area yang luas, kemungkinan di area ini juga akan terkumpul sebuah sinyal lain yang tidak diinginkan. Jenis antena ini juga sangat cocok digunakan untuk system koneksi point to multipoint atau koneksi hotspot. Sekarang ini juga banyak instansi, lalu kantor, juga sekolahan, bahkan juga warung tenda yang menggunakan jenis antena ini untuk hotspotan. Maka dari itu juga jika anda ingin memperluar jaringan internet anda di sekeliling rumah anda antena ini cocok untuk digunakan.

Antena Sectoral Yaitu : Jenis antena ini juga hampir sama dengan antena omni. Akan tetapi pada sudut sebarnya tidak seluas antena omni. Namun juga untuk jarak bisa lebih jauh dibanding dengan antena omni. biasanya untuk sebuah antena sectoral sudut sebarnya mencapai 120 derajat. Contoh lain yang menggunakan antena sectoral ini adalah tower pada GSM yang memancarkan sinyal HP. Itu juga menggunakan antena sectoral sebagai pemanca sinyalnya. Makanya sinyal HP ini juga bisa dideteksi dari jarak yang jauh karena menggunakan antena sectoral ini. Untuk harga tentunya juga lebih mahal daripada antena omni.

Antena Yagi Yaitu : Nah untuk antena ini juga sedikit berbeda dari antena grid ataupun omni. Antena Yagi mempunyai sebuah bentuk menyerupai ikan teri. Sama juga seperti antenna grid, antena ini juga mempunyai sebuah cakupan yang searah. Perbedaan utamanya dari antena Yagi dengan Grid adalah antena ini cukup jarang digunakan dalam sebuah jaringan. Biasanya juga antena ini akan diarahkan ke pemancar. Antena ini juga terdiri dari 3 bagian, yaitu meliputi driven, lalu reflector, dan juga director. Driven ini merupakan titik catu dari kabel antena. Panjang fisik drivennya biasanya adalah setengah panjang gelombang frekuensi radio yang diterima atau dipancarkan. Reflektor ini merupakan bagian belakang antena yang digunakan untuk memantulkan sinyal. Panjang fisik reflector yaitu biasanya lebih panjang dari driven. Sedangkan pada director merupakan bagian pengarah antenna. Bagian ini juga ukurannya lebih pendek dari driven. Antena ini juga biasanya berbeda frekuensi daripada antena grid dan juga antena omni.

Antena PVC Yaitu : Dinamai dengan Antena PVC ini karena antenna ini bahannya terbuat dari pipa PVC yang kemudian dilapisi dengan aluminium foil. Sebenarnya desain antenna ini merupakan sebuah pengembangan dari antena kaleng yang sering berkarat bila dipasang di area outdoor. Keunggulan antena ini yaitu adalah tahan cuaca, tidak berkarat juga, dan juga mudah pemasangannya. Namun antena ini juga biasanya hanya digunakan untuk jarak dekat yaitu 200 – 300 m saja.

Antena 8 Quad Yaitu : Kalau untuk antena ini juga saya sendiri belum mencobanya, karena juga memang saya tidak menggunakan antena seperti ini untuk klien saya. Namun juga saya sedikit mengerti tentang karakter antena ini. Antena ini juga termasuk jenis antena sektoral. Pasalnya pada pola radiasi antena berada satu arah dengan sudut arah yang lebar. Antena 8 Quad ini cocok untuk antenna access point di mana klien berada di area tertentu.

Antena Wajanbolic Yaitu : Dari namanya kelihatan aneh dan juga lucu, karena namanya yaitu wajan bolic. Ya tentu, Antena ini juga dinamai dengan Wajan Bolic karena antena ini hampir sama dengan antena parabolic dan mirip sekali dengan wajan penggorengan rumah kita hehe. Antena ini juga cukup sederhana karena bahan untuk parabolic disc menggunakan wajan atau alat dapur yang sering digunakan untuk memasak. Antena Wajan Bolic ini berfungsi untuk memperkuat sebuah sinyal nirkabel dari hotspot yang karena lokasinya terlalu jauh sulit diterima oleh USB Wireless Adapter jika hanya langsung terhubung dengan laptop.

Penguat Sinyal WiFi Yang Berkualitas

1. Edimax 7438Rpn Wireless Range Extender Yaitu :

Alat penguat sinyal WiFi ini murah berkualitas produksi Edimax ini memiliki sebuah desain yang kecil , cara penggunaannya pun juga sangat mudah kalian hanya tinggal mencolokan ke sumber listrik maka alat ini akan secara otomatis menjadi Wireless Range Extender . Edimax 7438Rpn juga dilengkapi dengan sebuah aplikasi Smart App Control & juga Analytics untuk memaksimalkan kinerja dari Alat Repeater sinyal WiFi ini seperti untuk mengetahui titik paling baik untuk menempatkan alat ini .

2. D-Link DAP-1320 N300 Wireless Range Extender Yaitu :

D-Link ini yang merupakan produsen perangkat jaringan ternama juga memproduksi WiFi Extender murah berkualitas dengan desain yang simpel dan juga support hingga kecepatan 300Mbps . Alat penguat sinyal WiFi ini juga sangat portable karena pengguaannya hanya tinggal dicolokan ke sumber listrik layaknya charger smartphone .

3. TP-LINK TL-WA860RE WiFi Range Extender Yaitu :

Alat penguat sinyal WiFi ini dengan dua buah antena ini merupakan produksi dari produsen perangkat jaringan raksasa TP-Link . Fitur unggulannya yaitu adalah jarak extender yang lebih jauh dibanding WiFi Extender sekelasnya dan fitur AC Pass-trough yang sangat bermanfaat , karena juga 4,setelah mencolokan TP-LINK TL-W4860RE ini sumber listrik dirumah kalian tetap bisa dipergunakan .

4. Netgear EX2700-100UKS Wireless Range Extender Yaitu :

Mirip dengan TP-Link juga, Netgear juga memproduksi WiFi range Extender dengan dua buah antena pendukung namun juga dengan harga yang lebih murah . Pada Produk ini juga disediakan sebuah port RJ-45 untuk menghubungkan koneksi internet dari kabel dan ditransformasi kedalam sinyal Wireless.

5. Edimax EW7438Rpn Wireless Range Extender Yaitu :

Edimax EW7438Rpn merupakan sebuah produk wireless range extender dari Edimax yang rilis lebih dulu , dan desainnya simpel dengan 5 buah lampu indikator standard . Cara penggunaannya pun juga sama saja dengan alat penguat sinyal wifi lainnya yaitu tinggal colok ke sumber listrik di rumah .

6. Totolink EX300 Wireless Range Extender Yaitu :

Totolink EX300 ini juga menambahkan dua buah antena tambahan agar produknya bisa memancarkan sinyal wifi lebih jauh dan maksimal . Dilengkapi dengan sebuah port RJ-45 untuk sambungan kabel .

7. Tenda A301 Universal Range Extender Yaitu :

Meski nama Tenda ini masih terdengar asing di telinga konsumen Indonesia , namun juga ternyata produk WiFi Extendernya cukup populer di Indonesia karena selain harganya terjangkau , Tenda A301 ini juga memiliki dua buah antena yang membuat perangkat ini bekerja maksimal dalam memperluas jangkauan WiFi .

8. TP-LINK TL-WA750RE Universal Range Extender Yaitu :

WiFi Extender ini dengan kapasitas 150Mbps ini menjadi salah satu alat penguat sinyal WiFi paling laris di Indonesia , karena juga selain desain nya bagus dan mereknya terkenal , TP-Link TL-Wa750RE ini juga memiliki performa dan harga yang memuaskan.

9. Huawei WiFi Repeater Easy Lock Yaitu :

Dan inilah yang kalian tunggu-tunggu ya, Huawei WiFi Repeater yang merupakan sebuah produk paling murah dalam list kali ini . Huawei WiFi Repeater ini juga diklaim mampu memperluas jangkauan sinyal wireless hingga 150 meter . Dengan sebuah fitur signal booster dan mendukung perangkat wifi terbaru menjadikan produk ini menjadi yang paling laris diantara ke 8 produk lainnya yang ditulis pada artikel ini .

Demikian Refiew mengenai Jenis-Jenis Antena Wifi dan Penguat Sinyal. Kami selaku pihak penulis mohon maaf jika ada kekurangan kata ataupun bahasa yang kurang baku.Jika anda menginginkan barang tersebut silahkan saja Anda Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami yaitu dengan cara menghubungi OFFICE kami di

Info Sebelumnya Yaitu : Link http://www.myartikel.com/tips-memilih-aksesoris-laptop/

Leave a Reply