Cara Membuat Kabel LAN Atau Kabel Jaringan STRAIGHT Dan CROSS

, , , ,

Cara Membuat Kabel LAN Atau Kabel Jaringan STRAIGHT Dan CROSS.

Cara Membuat Kabel LAN Atau Kabel Jaringan STRAIGHT Dan CROSS. Hub : 085320202062. Toko  online yang terpercaya di kota Medan. Toko kami juga memiliki banyak barang seperti Printer, juga Handphone, lalu Laptop, dan juga dengan sebuah accessorisnya. Untuk anda yang juga ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko yang terdekat yaitu seperti Supermat Bima.com ini. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin.

Dalam implementasi dasar membangun sebuah jaringan komputer di artikel saya sebelumnya, di kesempatan ini juga saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membuat kabel lan / utp. Kabel ini juga dibutuhkan untuk menghubungkan perangkat-perangkat jaringan, yaitu contohnya dari lan card komputer ke komputer , juga switch, router atau juga perangkat jaringan lainnya. Seperti penerapan sebuah jaringan dalam artikel saya sebelumnya Pengertian & juga Implementasi Dasar Jaringan Komputer.

Bagaimana Cara Membuat Kabel Jaringan Tersebut ????

Berikut ini kami juga akan memberikan sekilas info pengalaman buat kabel jaringan yang saat dulu melakukan praktek di lab komputer. Mudah-mudahan pembaca sekalian yang juga sudah lupa atau sudah meragukan cara membuatnya dapat mengingatnya kembali.
Dan berikut ini tahapan atau Cara Membuat Kabel LAN Atau Kabel Jaringan STRAIGHT Dan CROSS yaitu :

Pertama siapkan dulu sebuah perangkat-perangkat yang diperlukan :

  • Kabel UTP ini tidak melewati panjang 100 meter
  •  Jack RJ-45nya
  • Lalu Crimping Tool / Tang Klem
Apabila semua peralatan diatas tersebut yang kita butuhkan telah tersedia maka kita sudah bisa memulai untuk MEMBUAT KABEL LAN.
Dan kabel lan atau kabel jaringan ini mempunyai 2 tipe yaitu sbb ini :
1. KABEL LAN STRAIGHT Yaitu :
Kabel LAN Straight ini juga merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Kabel straight ini juga biasanya digunakan untuk menghubungkan 2 jenis device yang berbeda.
Cara membuatnya yaitu :

  • Kupas pada bagian kulit luar kabel UTP sekitar 2 cm hingga terlihat kabel di dalamnya yaitu seperti pada gambar kabel UTP di atas.
  • Pisahkan juga kabel-kabel di dalam dan luruskan. Susun dan juga rapikan berdasarkan warna Putih Orange, lalu Orange, dan Putih Hijau, ke Biru, lalu Putih Biru, ke Hijau, lalu Putih Coklat, ke Coklat. Lalu juga potong ujung nya sehingga rata satu sama lain.
  • Masukkan juga kabel-kabel tersebut ke dalam sebuah pin Jack RJ-45 sesuai urutannya.
2. KABEL LAN CROSS Yaitu :
Kabel LAN Cross ini merupakan sebuah kabel yang juga memiliki cara pemasangan yang miliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung yang satu nya lagi. Kabel cross ini juga biasa digunakan untuk menghubungkan 2 jenis device yang juga sama secara langsung. Yaitu seperti menghubungan komputer pertama dengan komputer 2 secara langsung tanpa menggunakan perantara lain.Cara membuatnya yaitu :

  • Lakukan sama persis dengan cara kabel LAN straight ini untuk ujung yang pertama.
  • Untuk ujung yang satunya lagi yaitu ubah susunan kabel di dalam RJ-45 menjadi : Yaitu Putih Hijau, ke Hijau, lalu Putih Orange, ke Biru, lalu Putih Biru, ke Orange, dan Putih Coklat, ke Coklat
  • Setelah ini juga sudah selesai di klem dengan tang klem, maka kabel telah siap digunakan.

Dan pesan dari saya. Ketika Anda sudah selesai menyatukan kabel-kabel dengan cara yang benar sebaiknya Anda perhatikan dulu dengan baik apakah sudah benar atau belum. Karena saat dikereimping nanti jika salah maka Anda harus mengulanginya lagi. Jadi saran saya Anda mesti berhati hati juga membuatnya.

Demikian Refiew mengenai Cara Membuat Kabel LAN Atau Kabel Jaringan STRAIGHT Dan CROSS. Jika anda juga menginginkan silahkan Hubungi Toko Komputer Terpercaya kami dengan cara menghubungi OFFICE kami di

Info Sebelumnya : Link http://www.myartikel.com/sejarah-dan-perkembangan-jam-tangan/

1 Comment

Leave a Reply