Artikel Lengkap Seputar Scanner Terbaru

, , ,

Artikel Lengkap Seputar Scanner Terbaru Dan Juga Fungsinya.

Artikel Lengkap Seputar Scanner Terbaru. Hub : 085320202062. Toko online yang juga terpercaya di kota Medan. Toko kami juga menjual beraneka macam Flashdisk dan juga memiliki banyak barang lainnya yaitu seperti Printer, lalu Handphone, juga Laptop, juga accessorisnya. Untuk anda yang ingin membeli cukup datang saja ke toko-toko terdekat yaitu seperti Supermat Bima.com. Dan kami juga akan menjelaskan sedetail mungkin, tentang artikel ini.

Scanner merupakan salah satu perangkat input dalam sebuah komputer. Scanner yaitu merupakan alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya mesin fotokopi ke dalam sebuah bentuk digital. Scanner menduplikat objek tersebut juga menggunakan sebuah sensor cahaya yang juga terdapat di dalamnya. Sensor yang ada pada scanner tersebut juga mendeteksi struktur, lalu tulisan, dan juga maupun gambar dari objek yang discan tersebut dan akan dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.

Scanner yaitu adalah perangkat yang sangat membantu. Dengan adanya sebuha scanner, kita bisa menduplikat sebuah hardcopy seperti makalah, lalu kertas, juga foto dalam bentuk digital ke komputer. Jadi ketika kita kehilangan sebuah source berkas seperti foto, kita bisa menyimpan sebuah foto tersebut ke komputer kita. Jadi ketika foto itu juga hilang, ataupun robek, kita masih punya simpanannya di komputer tersebut. Apalagi jika foto itu adalah sebbuah foto kenangan masa dulu. Kan sayang ya kalau hilang begitu saja?

Dalam sebuah scanner terdapat sebuah sensor. Sensor tersebut juga mendeteksi struktur, yaitu seperti tulisan, juga warna, yaitu gelap, juga terang, dan juga bentuk benda. Setelah itu scanner mengirimkan sebuah hasil dari scan tersebut ke sebuah komputer dalam bentuk digital. Agar hasil scan tersebut juga bisa diedit atau juga disimpan dalam komputer.

Untuk koneksi antara komputer dan juga scanner, bisa menggunakan beberapa interface yaitu seperti :

  1. Sebuah Parrarel.
  2. Juga GPIB (General Purpose Interface Bus).
  3. Lalu SCSI (Small Computer System Interface).
  4. Juga USB (Universal Serial Bus).
  5. Dan Fireware.
Jenis Scanner Yaitu :
  • Flatbed scanner adalah : scanner ini berbentuk seukurang dengan kertas folio sehingga seperti mesin fotocopy dengan sebuah ukuran yang kecil.
  • Handy scanner adalah : scanner ini bentuknya postcard yang juga biasa kita jumpai pada supermarket atau minimarket karena digunakan pada sebuah mesin kasir untuk membaca harga barang yang juga tertera pada barcode.
  • Print Scan Copy (PSC) adalah : merupakan perangkat yang juga mempunyai multifungsi diantaranya bisa digunakan sebagai sebuah scanner, lalu bisa digunakan sebagai printer dan juga bisa digunakan untuk mesin fotocopy.
Komponen scanner yaitu :
1. Alas kaca yaitu digunakan sebagai wadah dari sebuah gambar yang akan dibaca.
2. Sumber Cahaya yaitu berupa lampu dengan intensitas cahaya yang cukup tinggi akan menghasilkan cahaya yang diarahkan ke gambar.
3. Sensor sinal pantulan yaitu Jenis yang umum digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah sebuah sensor CCD (charge coupled devices). Alat ini yaitu berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dari gambar Untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya pantulan dari gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan juga lensa scanner.
4. Motor Stepper dan juga pita bergerigi Karena data dibaca baris perbaris, maka dibutuhkan sebuah motor stepper dan pita bergerigi untuk menggerakan lampu dan CCD.
5. Penutup Penutup digunakan untuk menghindari sinar luar yang akan masuk, sehingga data yang akan dibaca oleh CCD benar-benar data pantulan dari sebuah gambar yang sedang dibaca.
Selain komponen-komponen tersebut juga tentu masih ada banyak komponen lainnya, tetapi fungsi dan juga bentuknya dapat berbeda antara jenis scanner satu dan lainnnya.
Permasalahan pada scanner yaitu : Gambar hasil scannya pecah-pecah, Gambar hasil scan kotor dan juga berbercak, Gambar juga belang sebelah, Gambar terlihat besar di sebuah layar monitor, Warna gambar asli dengan warna gambar di monitor itu berbeda, Gambar hasil scan juga terlihat kabur.

Perawatan Scanner Yaitu Sbb :
1. Bersihkan bagian luar scanner dengan sebuah kain lembut, hindari juga penggunaan kain yang kasar, karena bisa menimbulkan sebuah goresan.
2. Jangan menggunakan sebuah campuran acetone, juga bensin, atau juga karbon tetrakhlorida pada permukaan kaca dari scanner. Hal ini juga bisa merusak lapisan kacanya.
3. Jangan menggunakan bahan yang juga mengandung alkohol isoprofil pada bagian kaca tersebut, karena meninggalkan noda dan juga membuat buram kacanya.
4. Matikan scannernya, dan juga cabut colokan listriknya. Buka tutup covernya tersebut, bersihkan lapisan kacanya dengan sebuah kain yang lembut, yang juga bisa dibubuhi pembersih kaca yang ringan. Bubuhkan pembersih tersebut pada sebuah kain terlebih dahulu, dan jangan langsung ke kacanya. Dan lalu, sekalah perlahan-lahan dengan sebuah kain lembut yang bersih.
5.Setiap kali selesai menggunakan sebuah scanner, bila tidak dipakai dalam waktu yang lama, sebaiknya adaptornya itu dicabut, agar tidak panas juga. Atau ditambah tombol On/Off di colokannya tersebut.
6. Biasakan menggunakan sebuah cover untuk scanner saat selesai menggunakan alat tersebut.
Demikian Refiew mengenai Artikel Lengkap Seputar Scanner Terbaru. Jika anda menginginkan barang tersebut silahkan saja Hubungi  Toko Komputer Terpercaya kami yaitu dengan cara menghubungi OFFICE kami di

Leave a Reply